Anas Tersangka, Partai Demokrat Langsung Karam

Posted on Updated on

demokorupsiJakarta : Aktor yang juga pegiat antikorupsi, Pong Harjatmo menilai Partai Demokrat akan semakin cepat karam dan tenggelam, apabila sosok ketua umumnya yakni Anas Urbaningrum ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kalau Anas tersentuh, karamnya ya… semakin cepat. Ketua umum kena, masal partai enggak apa-apa,” kata Pong dalam diskusi bertajuk “Perahu Demokrat Bakal Karam di 2014?” yang diselenggarakan salah satu media “online” di Jakarta Timur, Senin (10/12).

Ia menilai istilah “jangan karena nila setitik rusak susu sebelanga” sudah tidak tepat lagi disematkan pada masalah yang membelit Partai Demokrat.

Menurut dia, “nila” dalam Partai Demokrat sudah lebih dari setitik.

“Pak SBY berkata, jangan karena nila setitik rusa susu sebelanga, tapi ini kan nilanya bukan setitik lagi, apalagi kalau nanti Anas tersangkut menjadi ketua umum yang korupsi. Dan kalau benar kejadian Anas tersangkut, jangan kotori Monas, lebih baik gantung sana di Cikeas,” katanya.

Ia mengibaratkan Partai Demokrat sebagai sebuah kapal. Dengan terjeratnya sejumlah kader dalam kasus korupsi seperti Nazarudin, Angelina Sondakh, dan Andi Mallarangeng, maka kebocoran dalam “kapal” Demokrat semakin besar.

“Logikanya kalau orang Demokrat itu pada bersih, pasti pada cabut. Nah, berarti mereka belepotan semua, cari muka dan menjilatnya kenceng, cari rezeki di Demokrat,” katanya.

Partai Demokrat tidak akan karam apabila rakyat masih mau dirayu-rayu dengan janji-janji manis. “Tapi kan rakyat sekarang mata hatinya sudah cerdik,” tambah dia.

Ia mengatakan tidak ada jalan lain bagi Partai Demokrat untuk dapat selamat, yakni dengan mencari figur baru yang tidak berasal dari internal partai maupun keluarga Susilo Bambang Yudhoyono.

“Jadi tokohnya itu sepertinya belum ada, karena kader terbaiknya saja yang katakan tidak pada korupsi tapi dia sendiri yang tersangka. Mungkin dari koalisi, kan koalisinya banyak,” demikian Pong Harjatmo.***

_SuaraPembaruan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s