Akhirnya FIM-BD Siap Akomodir Kepentingan Mahasiswa Bodi Se-Indonesia

Posted on Updated on

Jayapura, BodiPost – Forum Independen Mahasiswa Boven Digoel (FIM-BD) Se-Jayapura akhirnya tampil mengakomodir kepentingan Mahasiswa/i Boven Digoel di kota studi Jayapura dan kota studi lainnya di Indonesia yang tidak mendapat Bantuan Studi (BS) Tahun Anggaran 2012.

Dalam sebuah rapat yang digelar Rabu (07/11) kemarin di Anjungan Merauke Expo Waena, FIM-BD yang didukung oleh 7 Organisasi Basis, Tokoh Masyarakat Boven Digoel Se-Jayapura, Tokoh Intelektual, Aktivis LSM dan Para Mahasiswa yang dirugikan menyatakan sikapnya untuk tetap memperjuangkan hak-hak Mahasiswa untuk mendapatkan BS guna melanjutkan studinya di Jayapura dan kota studi lainnya di Indonesia.

FIM-BD yang diketuai oleh Hendrikus Amo secara mutlak mendapat dukungan karena Organisasi yang ada sebelumnya, HMPBD, dinilai telah memperkosa AD/ART dengan cara memihak Pemkab Boven Digoel dan kelompok parasit lainnya di Jayapura yang secara terang-terangan telah merugikan Mahasiswa Boven Digoel, memecah-belah Mahasiswa Boven Digoel dan secara aktif berpartisipasi membunuh SDM Boven Digoel.

Lebih dari 1000 Mahasiswa Boven Digoel di Jayapura dan kota studi lainnya di Indonesia belum menerima BS karena dilarang oleh Plt Bupati Yesaya Merasi melalui Tim yang dia bentuk dengan SK Nomor 48 Tahun 2012 tertanggal 13 Agustus 2012. Tim tersebut bekerja sesuai dengan Pedoman Bantuan Pendidikan yang dibuat oleh Plt Bupati Yesaya Merasi dan Don Leleran yang diteken tanggal 17 September 2012.

Pedoman yang dibuat oleh Yesaya Merasi dan Dond Leleran itu secara nyata merugikan SDM Mahasiswa suku-suku asli Boven Digoel sementara pada saat yang sama, menguntungkan Mahasiswa suku Papua Non Boven Digoel dan Non Papua. Pedoman tersebut membatasi hak Mahasiswa Boven Digoel kelahiran kabupaten lain dan sebuah sumber anonim di jajaran Pemkab Boven Digoel mengatakan Yesaya Merasi terpaksa membuat pedoman itu untuk menutupi Defisit Anggaran Daerah Boven Digoel karena korupsi massal.

Pedoman yang ditetapkan oleh Plt Bupati Yesaya Merasi kemudian dikelola demi kepentingan perut oleh beberapa kelompok parasit di Jayapura secara nyata telah memecah-belah Mahasiswa Boven Digoel di Jayapura, menyulut konflik dan akhirnya terjadi pembunuhan terhadap seorang Mahasiswa Boven Digoel bernama Adventus Apay di Asrama Maro Padang Bulan Abepura.

Konflik ini juga telah menyebabkan ratusan Mahasiswa Boven Digoel diusir keluar dari Asrama Maro Putra dan Putri sehingga tuntutan terhadap pembangunan Asrama Mahasiswa Boven Digoel di Jayapura semakin menguat.

Sumber anonim di jajaran DPRD Boven Digoel mengatakan, “biaya pembangunan Asrama senilai Rp. 4 Milyar itu sudah dianggarkan dalam APBD Boven Digoel Tahun Anggaran 2012”. Faktanya, sampai dengan menjelang penutupan buku pada 31 Desember mendatang, bukti fisiknya belum ada.

Untuk diketahui, pembagian BS untuk Mahasiswa Boven Digoel yang totalnya mencapai lebih dari Rp. 6 Milyar itu tidak tersalur secara baik karena memakai Pedoman Bantuan Pendidikan versi Plt. Bupati Yesaya Merasi.

Selain itu pembagian BS di Jayapura diwarnai intervensi beberapa oknum Polisi yang mengarahkan Tim Pemkab Boven Digoel dan Pengurus HMPBD untuk melakukan teror terhadap Mahasiswa dengan cara membagi BS di Mako Brimobda Papua Kotaraja, Selasa (30/10) lalu. Biaya sewa tribun Mako Brimobda Papua Kotaraja untuk pembagian BS yang mencapai Rp. 125 Juta ternyata menggunakan dana Bantuan Studi Mahasiswa Boven Digoel di Jayapura.

FIM-Bodi dalam beberapa hari ke depan akan menggelar Konferensi Pers untuk menyampaikan persoalan kepada publik sekaligus mendata semua Mahasiswa Boven Digoel di seluruh Indonesia yang belum mendapat BS kemudian mendesak Pemkab Boven Digoel membayar BS sesegera mungkin.***

One thought on “Akhirnya FIM-BD Siap Akomodir Kepentingan Mahasiswa Bodi Se-Indonesia

    mancey said:
    13 November, 2012 pukul 10:09 am

    sy mendukung FIM-Bodi agar niat baik utk menyelesaikan persoalan beasiswa mahasiswa/i bodi semoga berjalan baik mohon dilibatkan DPRD bodi dan dinas terkait dlm upaya penyelesaian persoalan tsbt.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s