PK Yusak Yaluwo Dijawab Oktober 2012

Posted on Updated on

Jakarta, Bodipost – Roda pemerintahan dan pelayanan publik di Boven Digoel rupanya tidak akan berjalan baik sampai bulan Oktober 2012. Pasalnya, Mahkamah  Agung (MA) Republik Indonesia baru akan menjawab usulan Peninjauan Kembali (PK) kasus korupsi yang dilakukan oleh Yusak Yaluwo pada bulan Oktober 2012.

Apabila PK dikabulkan maka kasus Yusak ditinjau kembali dan dia berpeluang bebas dari semua tuduhan para saksi sesuai data yang dibeberkan di pengadilan. Tetapi apabila PK-nya ditolak maka Yusak terpaksa harus mendekam lebih lama di LP Cipinang dan posisinya sebagai Bupati Boven Digoel akan digantikan oleh Wakilnya Yesya Merasi sesuai amanat konstitusi.

Yusak Yaluwo, Bupati Boven Digoel Non-Aktif, melalui Yusril Ihza Mahendra yang menjadi kuasa hukumnya mengajukan PK pada bulan Desember 2012.  Yusril sempat melayangkan surat kepada Presiden SBY  pada tanggal  5 Desember 2011. Surat tersebut  bernomor Ref : 032/YIM/I&I/XII/11 dan isinya adalah permohonan penundaan proses pemberhentian Bupati Boven Digoel Non Aktif, Sdr. Yusak Yaluwo.

Tembusan surat Yusril juga diberikan kepada Menko Polhukam, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri dan Plt. Gubernur Papua.

Yusril ternyata telah menipu Presiden SBY dengan mengatakan bahwa dengan tertangkapnya Yusak Yaluwo dan beban hukum yang diberikan kepadanya telah mengakibatkan terjadinya eksodus masyarakat Boven Digoel ke negara tetangga Papua New Guinea.

“Sejak Sdr. Yusak ditahan di Jakarta, situasi di Papua pada umumnya, dan situasi di Boven Digoel khususnya, makin memanas. Exodus ke Papua New Guinea kembali terulang,” tulis Yusril dalam suratnya.

Pernyataan Yusril terbukti tidak benar dan sempat dibantah oleh Kapolres Boven Digoel, Komisaris Polisi Jeremias Rontini. Rontini  mengatakan tidak ada exodus warga masyarakat kabupaten perbatasan itu ke negara tetangga Papua Nugini.

“Tidak benar ada eksodus warga ke Papua Nugini, ngawur itu informasinya, tidak bertanggungjawab itu orang yang mengatakan ada exodus warga,” jelas Kapolres menanggapi isi surat Yusril.

Presiden SBY yang tidak lain merupakan atasan Yusak di jajaran Partai Demokrat ternyata menyambut baik usulan Yusril dan sampai saat ini Yusak Yaluwo tetap dibiarkan menjalankan pemerintahan sebagai Bupati Boven Digoel dari balik terali besi LP Cipinang.

Yusak Yaluwo yang kini mendekam di LP Cipinang Jakarta terbukti melakukan tindak pidana korupsi karena telah mengambil uang selisih dari pengadaan 1 unit kapal tanker LCT 180 (Kapal Wambon) dan menggunakan APBD Kabupaten Boven Digoel tahun anggaran 2006-2007 untuk kepentingan pribadi yang jumlahnya mencapai Rp. 66,7 Miliar.

Yusak ditahan oleh penyidik KPK dari tanggal 16 April 2010 hingga tanggal 5 Mei 2010 karena telah melanggar pasal 2 ayat 1 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001.

Pada Tanggal 19 Januari 2011, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Tinggi Jakarta menjatuhkan pidana penjara selama 5 tahun kepada Yusak dan denda sebesar Rp 250 juta subsider 5 bulan kurungan.

Dia juga harus membayar uang pengganti sebesar Rp 37,2 juta atau harta kekayaannya akan dilelang atau pidana penjara selama 4 tahun. Yusak mengajukan banding tetapi pada tanggal 10 Mei 2011, Mahkamah Agung menolak permohonan banding yang dia ajukan.

Sampai saat ini Yusak masih mengendalikan pemerintahan dari balik terali besi LP Cipinang. Sumber terpercaya menyebutkan, APBD Boven Digoel Tahun Anggrana 2010, 2011 dan 2012 sebagian besar disetor oleh kaki tangan Yusak untuk membiayai proses hukum yang dijalaninya.

“Saya hanya jalankan perintah Pak Yusak Yaluwo dan Rp. 120 Milyar itu digunakan untuk mengurus keperluan beliau di penjara,” kata RAH Kalalo, Kepala BPKAD Boven Digoel yang dikenal sebagai loyalis Yusak Yaluwo. Kalalo yang akhir-akhir ini menjadi sorotan media karena perampokan Kas Daerah Boven Digoel sebesar Rp. 120 Milyar yang dilakukannya terpaksa buka mulut untuk membela diri.

Banyaknya tudingan yang dialamatkan kepada Yusak  Yaluwo tidak membuat publik percaya. Forum Rakyat Papua Boven Digoel (FORPA-BD)  menilai, tuduhan terhadap Yusak Yaluwo perlu dibuktikan karena ada indikasi nama Yusak dan posisinya di penjara dipakai oleh kelompok-kelompok tidak bertanggungjawab untuk memperkaya diri.

“Tuduhan selalu mengarah kepada Yusak Yaluwo di LP Cipinang, bahwa beliau terus mengendalikan Pemkab Boven Digoel, termasuk penggunaan keuangan daerah yang dikatakan selalu disetor kepada beliau untuk keperluan proses hukum. Informasi ini perlu ditelusuri kebenarannya karena ada indikasi kuat, nama Yusak Yaluwo dan posisinya yang terisolasi dari publik sengaja dijadikan kambing hitam atas semua proses manipulasi hak-hak masyarakat Boven Digoel,” tulis FORPA-BD dalam Siaran Pers mereka.***

4 thoughts on “PK Yusak Yaluwo Dijawab Oktober 2012

    Markus said:
    23 Agustus, 2012 pukul 8:34 am

    Memang sudah terbukti Yusak itu Koruptor kelas kakap…..kekayaannya di Manado berlimpah ruah, semoga masyarakay boven digul lebih kritis dan menelusuri sepak terjang yusak yang walaupun dalam penjara tetap memegang kendali pemerintahan boven digul, itu dibuktikan dengan merampok uang negara lewat kroni-kroninya yang memegang jabatan penting di pemerintahan boven digul.

    joe said:
    17 Oktober, 2012 pukul 9:49 am

    ajing rakus jabatan seperti kalalo, merasi cs yg banyak bicara goblok bikin diri pintar, yang menjerumuskan Yusak Yaluwo ke penjara. anjing anjing itu pernah dibesarkan,dikasi makan, dibuatkan rumah oleh pak yusak tapi tidak tau diri. Salam!

    joe said:
    17 Oktober, 2012 pukul 9:59 am

    untuk semua saya mau kasitau mari kiyta dukung pembebasan pak yusak,,,karena jangan kita saling menjatuhkan bekerjalah sesuai dengan jabatan masing masing, dan untuk kelompok merasi ingin menguling pak yusak sebauknya jangan kaarena yang akan rugi adalah masayarakat….

    gobes said:
    1 Februari, 2013 pukul 5:03 pm

    masyarakat yg rugi atau ko joe sendiri yg rugi karena tra bisa makan lebih banyak lagi ha ha ha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s