HUT OPM, AMP Kota Jogjakarta Turun Jalan

Posted on Updated on

Jogjakarta, Bodipost – Ratusan anggota Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Jogjakarta kembali melakukan aksi turun jalan di Jogjakarta, Indonesia, Senin (02/07) kemarin. Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HUT OPM ke-41 (1 juli 1971 – 1 Juli 2012) dan melibatkan Mahasiswa dan berbagai elemen Masyarakat Papua maupun Indonesia yang ada di Kota Jogjakarta. Peserta aksi melakukan long march dari Asrama Putra Papua Kamasan 1 Yogyakarta menuju titik nol depan Jalan Trikora, Kantor Pos Jogjakarta.

Para peserta aksi membawa berbagai spanduk utama dengan tulisan :  ”INDONESIA DAN PBB SEGERA MENGAKUI KEDAULATAN WEST PAPUA” dan berbagai poster lainnya. Beberapa poster bertuliskan : “Papua bukan merah putih, tapi bintang fajar”, “Stop Paksakan Papua Jadi Indonesia”, “1 Juli 1971-1 juli 2012, 41 Tahun Proklamasi West Papua”, dan beberapa poster lainnya.

Aksi akhirnya dipusatkan di depan Jalan Trikora, Kantor Pos Jogja. Massa aksi membentuk lingkaran dan menyampaikan orasi-orasi politik yang pada intinya mendesak Indonesia untuk segera angkat kaki dari Tanah Papua, biarkan Papua menentukan masa depannya sendiri. Massa mengungkapkan. tiada guna hidup bersama Indonesia karena selamanya akan ditindas. “Sejak aneksasi hingga saat ini telah menelan korban rakyat Papua yang begitu banyak,” kata seorang Orator.

Beberapa poin pernyataan dari AMP, ditegaskan bahwa , pertama, 1 Juli 1971 adalah Hari Proklamasi Negara West Papua; kedua, Stop! Paksakan Bangsa Papua Menjadi Indonesia;, ketiga, Bangsa Papua Menolak Dialog dan Segala Produk Politik Indonesia di West Papua; keempat, Indonesia Segera Angkat Kaki Dari West Papua dan Segera Akui Kemerdekaan West Papua.

Aksi ini berjalan dalam pantauan Intel Indonesia, dan Aparat Kepolsian yang berjaga-jaga, bahkan sempat atribut  Bendera Papua berupa poster  yang dibawa dilarang oleh polisi. “Bendera biar disimpan saja,” kata polisi tersebut. Namun massa aksi dengan ketegasan menolak apa yang disampaikan Polisi.

Yang menarik, para Tukang Becak asal Jogjakarta juga ikut terlibat dalam aksi ini dan menyatakan dukungannya terhadap perjuangan bangsa Papua untuk melepaskan diri dari NKRI. (nm,ph)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s