Warga Muyu Adukan Persoalan Hutannya ke Dewan

Posted on Updated on

Oleh : TabloidJubi.Com

Jayapura (22/6)—Sebanyak 26 marga yang berlindung di bawah otoritas adat Suku Kati-Muyu, Kabupaten Bovendigul, menuntut perusahaan playwood PT. Korindo untuk pembayaran ganti rugi dan RKT. Buntutnya, mereka mengadukan masalah ini ke Komisi B DPRP Provinsi Papua, karena melalui pemerintah Bovendigul tak mendapat tanggapan dan jalan keluar.

Selain itu, pemantikannya karena pembongkaran hutan yang dilakukan oleh perusahaan asal Korea itu, secara besar-besaran dan mengambil hasil hutan yang melimpah ruah. Sementara tidak berbanding lurus dengan kompensasi yang diterima masyarakat sebagai pemegang hak ulat adat. Bahkan, hasil kubikasi kayu yang harganya relatif kurang, dimana Rp 10 ribu per kubikasi.

Dihadapan wakil rakyat di DPR Papua, dalam hal ini Komisi B yang membidangi hutan, uneg-uneg mereka disampaikan. Prinsipnya masyarakat adat Muyu di Bovendigul berharap untuk kubikasi kayu jenis kayu nomor satu Marsawa, Meranti dan sejenisnya harus dihargai sebesar Rp 100.000 per kubik. Untuk jenis kayu nomor dua, nangka hutan, matoa jambu-jambuan dan sejenisnya harus dihargai Rp 50.000 per kubik. Kunjungi Website

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s