Koruptor APBD Boven Digoel Bebas Berkeliaran, FORPA-BD Minta Audiens Dengan Kapolda Papua

Posted on Updated on

Jayapura, Bodipost : Forum Rakyat Papua Boven Digoel (FORPA-BD), sebuah organisasi massa yang melawan korupsi di Boven Digoel akhirnya melayangkan surat permohonan untuk audiens dengan Kapolda Papua, Jumat (20/04) kemarin. Permohonan ini diajukan karena kasus korupsi di Boven Digoel terkesan dibiarkan merajalela dan para penikmat APBD Boven Digoel TA 2008, 2009, 2010 dan 2011 dibiarkan bebas berkeliaran tanpa tersentuh hukum.

“Adapun pokok-pokok pikiran yang akan menjadi materi Audiens kami adalah seputar korupsi yang melibatkan beberapa Pemegang SKPD Kabupaten Boven Digoel Tahun 2009, 2010 dan 2011. Secara khusus kami juga ingin mengetahui sampai dimana keseriusan Polda Papua memberantas Korupsi di Boven Digoel karena kami menilai Polda Papua lebih agresif menangani kasus dugaan Korupsi yang nilainya kurang dari Rp. 500 Juta (Contoh Kasus  Kabupaten Asmat), tetapi Polda Papua terkesan membiarkan kasus dugaan Korupsi di Boven Digoel  yang angkanya telah menembus Ratusan Milyar,” tulis FORPA-BD dalam suratnya.

Salah satu item data korupsi yang menjadi lampiran surat permohonan audiens adalah Korupsi Dana Deviden dari Rekening Giro milik Pemkab Boven Digoel di Bank Papua Tanah Merah. Beberapa pejabat, diantaranya Kepala BPKAD Rudolf Kalalo terlibat dalam pencurian dana tersebut dalam jumlah besar tanpa peruntukkan yang jelas. Dosen Universitas Cenderawasih ini dikabarkan menjadi otak dari semua aktivitas perampokan uang rakyat di Boven Digoel. Dia berhasil membuat rakyat Boven Digoel hidup menderita.

Korupsi di Boven Digoel telah menembus angka ratusan milyar rupiah, tetapi Pemprov Papua dan Aparat Penegak Hukum lainnya terkesan melakukan pembiaran atas kasus ini. Beberapa sumber terpercaya menyebutkan, para koruptor telah membayar beberapa pengambil kebijakan di tingkat Provinsi Papua dengan tujuan untuk mendiamkan kasus korupsi dan memberikan kesempatan kepada koruptor untuk melakukan konsolidasi internal dan bagi-bagi kekuasaan.(mAlEsUnG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s