Yusak Yaluwo Corruption Case

Posted on

Oleh : ACCH

Yusak Yaluwo adalah mantan Bupati Boven Digoel, Papua untuk masa jabatan 2005-2010. Ia lahir di Kampung Firiwage pada tanggal 20 Mei 1970. Ia telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi karena telah mengambil uang selisih dari pengadaan 1 unit kapal tanker LCT 180 (Kapal Wambon) dan menggunakan APBD Kabupaten Boven Digoel tahun anggaran 2006-2007 untuk kepentingan pribadi yang jumlahnya mencapai Rp 66,7 miliar rupiah.

September 2005, terdakwa hendak melakukan pengadaan kapal tanker dengan tujuan untuk kepentingan pengangkutan minyak di Kabupaten Boven Digoel. Terdakwa kemudian memerintahkan Johny Ramly Markus Sumual untuk mencari kapal tanker LCT 180 yang dimaksud. Kemudian Johny Ramli Markus Sumual memperoleh kapal tanker milik Alfred Wibowo Korah yang berlokasi di Tenggarong, Kalimantan Timur. Terdakwa lalu melakukan pengecekan kondisi kapal dan melakukan penawaran harga. Disepakati bahwa kapal tanker LCT 180 tersebut akan dibeli seharga Rp 3,5 miliar. Proses penunjukan langsung yang dilakukan oleh terdakwa ini telah melanggar Keppres RI nomor 80 tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Baca Selengkapnya.

One thought on “Yusak Yaluwo Corruption Case

    […] Kimbinaka. Dia terancam dipecat dari Partai Demokrat oleh Ketua DPC Partai Demokrat Boven Digoel Yusak Yaluwo. Yusak adalah Bupati Non-Aktif Boven Digoel yang sedang mendekam di LP […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s