Solidaritas Rakyat Papua Desak Presiden Batalkan Proyek MIFEE

Posted on Updated on

Oleh : Jerry Omona / Angga Haksoro

VHRmedia, Jayapura– Solidaritas Rakyat Papua Tolak MIFEE (Sorpatom) mendesak pemerintah membatalkan proyek Merauke Integrated Food and Energy Estate di Merauke. Mereka menilai proyek MIFEE tidak akan membuat rakyat Papua sejahtera.

”Proyek ini akan melenyapkan hutan yang begitu luas di Merauke. Rakyat tidak akan mendapat apa-apa dari investasi besar ini. Yang untung hanya pemerintah dan penguasa,” kata Thomas Tonggap, juru bicara Sorpatom, Senin (22/11).

Menurut Thomas, Sorpatom akan menggelar unjuk rasa pada 24 November 2010 menuntut pemerintah membatalkan program MIFEE. ”Unjuk rasa akan melibatkan ribuan orang dan dilaksanakan di Merauke, Jayapura, dan Jawa.”

Ketua Sorpatom Diana Gebze menyatakan tidak percaya pemerintah akan berusaha menyejahterakan rakyat lewat proyek MIFEE. ”Mereka sama saja, karena tidak bekerja untuk rakyat,” katanya.

Kampanye menolak proyek MIFEE memanfaatkan momen kunjungan Presiden Yudhoyono di Papua, 21 November 2010. Presiden membuka pertemuan nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Nusantara di Auditorium Universitas Cenderawasih, Jayapura.

Kunjungan Presiden Yudhoyono disambut protes Ketua Front Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) Selvius Bobii. Dia menolak menghadiri undangan pertemuan dengan Presiden. ”Kami tidak ingin kedatangan SBY menjadi masalah. Ada begitu banyak hal yang seharusnya diselesaikan SBY. Bukan hanya datang dan memberi kuliah umum di Universitas Cenderawasih,” ujar Selpius Bobii. (E1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s