SBY Mulai Intervensi KPK dan Pengadilan TIPIKOR

Posted on Updated on

Oleh : Muineto Xavier Mawan

Jakarta, Bodipost – Berbagai upaya tengah dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia guna menyelamatkan Yusak Yaluwo, mantan Bupati Boven Digoel dari proses hukum terkait kasus Korupsi yang tengah ditangani KPK dan Pengadilan TIPIKOR di Jakarta.

Sumber terpercaya Bodipost mengatakan, SBY saat ini sedang mengintervensi KPK dan Pengadilan TIPIKOR agar Yusak Yaluwo divonis bebas atau mendapat hukuman paling tinggi 5 tahun penjara agar dirinya bisa kembali memimpin Boven Digoel.

“Semakin kelihatan, skenario SBY untuk meloloskan Yusak Yaluwo dari tangan KPK dan Pengadilan TIPIKOR, pertama-tama dengan meloloskan dia ikut Pilkada Boven Digoel, kemudian memerintahkan jajaran Kepolisian dan PNS untuk menangkan dia dengan cara-cara kotor dan selanjutnya berusaha mengintervensi KPK dan Pengadilan TIPIKOR agar dia divonis  paling berat 5 tahun,” ungkap sumber tersebut.

Masih menurut sumber ini, Presiden SBY telah bersumpah bahwa apapun yang terjadi, apapun opini masyarakat yang nanti terbentuk, Yusak Yaluwo tetap akan bebas dan dilantik sebagai Bupati Boven Digoel Periode 2010-2015. Tekad SBY ini merupakan upaya balas jasa karena Yusak Yaluwo sebagai kader Partai Demokrat pernah menjadi Ketua TIMKAMDA SBY-Boediono dan memenangkan pasangan Capres/Cawapres tersebut dalam Pilpres 2009 di Papua.

“SBY telah bertekad menangkan Yusak Yaluwo apapun resikonya, apapun pendapat masyarakat Boven Digoel nantinya karena jika tidak membebaskan Yusak Yaluwo maka SBY secara pribadi akan dianggap tidak tahu balas budi karena Yusak Yaluwo pernah menangkan SBY di Papua dalam Pilpres 2009,” jelas sumber tersebut.

Yusak Yaluwo kini bersatstus terdakwa dan menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).  Yusak Yaluwo didakwa telah melakukan korupsi dana APBD Boven Digoel tahun 2006-2007 hingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 66,77 miliar.

Namun, dalam Pilkada Boven Digoel 31 Agustus 2010 lalu, KPUD Boven Digoel berhasil memenangkan Yusak Yaluwo dengan cara penggelembungan perolehan suara, intimidasi terhadap para pemilih, politik uang maupun barang dan mobilisasi Polisi dan PNS dalam pencoblosan.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s