FPPPP-BD Minta Ketua KPUD diganti dan Pemilukada Boven Digoel Ditunda

Posted on Updated on

Oleh : Muineto Xavier Mawan

Tanah Merah Digoel, Bodipost – Forum Pemuda dan Perempuan Peduli Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Boven Digoel (FPPPP-BD) menilai Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat tidak independen dengan memihak Pasangan Calon Bupati Yusak Yaluwo – Yesaya Merasi, maka Ketua KPUD Kristianus Guam, S.Sos harus diganti dan Pemilukada Boven Digoel yang akan digelar 31 Agustus 2010 ditunda.

Dalam Pernyataan Sikap yang dibacakan di depan Sekretariat KPUD Boven Digoel, Jumat (27/08) kemarin, FPPPP-BD menyatakan, sedikitnya terdapat tujuh indikator yang dapat dijadikan bukti bahwa KPUD Boven Digoel tidak independen dan oleh karenanya, Ketuanya harus diganti.

“Banyak Kartu Suara yang tidak sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga dapat diambil oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan Kandidat tertentu sehingga masyarakat tidak mendapat/memperoleh Kartu Pemilih”, tulis mereka dalam Statement tersebut.

Selain itu, banyak dicetak Kartu Pemilih yang didalamnya tidak ada nama dan nomor kartu (blanko kosong). “Blanko kosong ini jelas akan dipakai untuk memenangkan Yusak Yaluwo”, jelas Andreas, salah satu pendemo.

Andreas menilai, cara ini cukup efektif karena SBY menang Pilpres di Papua dengan cara ini. “Blanko kosong disediakan dan orang-orang yang ditugaskan secara khusus untuk manipulasi tinggal coblos saja”, pungkasnya.

Ketua KPUD Boven Digoel, Kristianus Guam, S.Sos juga merupakan orang dekat Yusak Yaluwo dan beberapa kali sempat menjadi Juru Kampanye Yusak Yaluwo di Boven Digoel. Ia sebelumnya, dengan bantuan Ketua KPU Provinsi Papua, berhasil merampas kursi para pemenang Pemilu Legislatif 2009 lalu dan memberikannya kepada orang-orang dekat Yusak Yaluwo yang bukan pemenang. Mereka saat ini menguasai DPRD Boven Digoel.

Ia juga dikatakan akhir-akhir ini rajin mengeluarkan statement berupa himbauan kepada Cabup-Cabup XT Songmen, Simon Siwoya dan Marselino Yomkondo untuk tidak perlu sibuk berkampanye karena tidak akan menang dalam Pemilukada Bove Digoel.

“Bikin capek diri, buang biaya dalam kampanye, tidak akan menang. Kemenangan tetap pada nomor urut 1”, katanya seperti ditulis FPPPP-BD dalam Pernyataan Sikap mereka.

FPPPP-BD menilai, Pemilukada Kab. Boven Digoel penuh dengan rekayasa sehingga akan mengancam azas Pemilukada Luber dan Jurdil. Mereka juga menilai, Pemilukada dengan persiapan yang penuh dengan manipulasi untuk kepentingan Yusak Yaluwo ini berpotensi menimbulkan konflik horizontal sehingga akan menghambat pelaksanan Pembangunan di Boven Digoel.

Sementara itu, Ketua KPUD Boven Digoel, Kris Guam, tidak ada di tempat ketika dikonfirmasi The Boven Digoel Post melalui telepon selulernya. “Bapa keluar, kamu tidak boleh telepon kesini lagi”, jawab seorang wanita yang kemungkinan istrinya.

Menurut rencana, FPPPP-BD akan kembali menggelar aksi ke KPUD Boven Digoel hari ini, Sabtu (28/08). “Kami akan terus melakukan aksi dan menduduki KPUD Boven Digoel sampai Ketua KPUD diganti dan Pemilukada ditunda pelansaannya”, jelas seorang pengurus FPPPP-BD.***

One thought on “FPPPP-BD Minta Ketua KPUD diganti dan Pemilukada Boven Digoel Ditunda

    frengkilande@gmail.com said:
    7 Juni, 2012 pukul 4:38 am

    kalau pilih orang, untuk memimpin kabupaten jangan lihat dari berapa besar uang yang dia berikan pada kita, tapi lihat dari seberapa besar hati, pikiran, kebijaksanaan dan komitmen yang akan kita dapatkan darinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s