Program MIFEE Terganjal Rencana Tata Ruang

Posted on Updated on

Oleh : Hans Henricus

Jakarta, Program Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) hingga kini masih mandek. Sebab, pemerintah daerah belum menyelesaikan rencana tata ruangnya.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan belum ada penentuan wilayah untuk keperluan MIFEE di Merauke, Papua hingga saat ini. “Buat saya belum ada, karena belum ada tata ruangnya,” ujar Zulkifli di kantor Menko Perekonomian, Rabu (28/7).

Apalagi, Zulkifli mengatakan belum ada kesepakatan soal luas wilayah MIFEE antara Gubernur Papua dan Bupati Merauke. Dia mengungkapkan, Gubernur Papua belum menyetujui usulan Bupati Merauke soal luas lahan yang akan dipakai.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Suswono pernah mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Papua hanya menyetujui sekitar 500.000 hektare lahan yang dipakai untuk MIFEE. Namun, pihak Kabupaten Merauke menghendaki lahan yang dipakai seluas 1,28 juta hektare sesuai rancangan Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional.

Lantaran belum ada rencana tata ruang dari pemerintah daerah, maka Kementerian Kehutanan belum bisa menilai apakah lahan hutan itu bisa dialihkan untuk MIFEE. “Kita menunggu tata ruang dulu,” katanya. (http://www.kontan.co.id | Hans Henricus )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s