Bupati Boven Digoel Didakwa Korupsi Rp. 66,7 miliar

Posted on Updated on

Oleh : Nurulia Juwita Sari

JAKARTA–MI: Yusak Yaluwo, Bupati Boven Digoel Provinsi Papua, menjalani sidang perdana di pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor). Ia didakwa menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2006 dan 2007 untuk kepentingan pribadi dan melakukan penunjukkan langsung dalam pengadaan kapal tangker LCT 180 atau kapal Wambon pada September 2005.

Dua tindakan Yusak itu terungkap dalam dakwaan yang dibacakan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi yang diketuai Jaksa Suwarji pada Senin (5/7). Untuk kasus APBD, Yusak memerintahkan pencairan dana melalui Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Boven Digoel Robertus Anggawen.

Dana yang digunakan untuk kepentingan pribadi tersebut, dicairkan dari pos mata anggaran stabilitas daerah, anggaran bantuan sosial, anggaran operasional kepala daerah, dan dana sekretariat daerah. “Terdakwa dalam kurun waktu Januari 2006 sampai dengan November 2007 mencairkan dana kas daerah seluruhnya sebesar Rp64,2 miliar,” ujar Jaksa Suwarji.

Pengadaan langsung kapal tangker ditujukan untuk pengangkutan minyak di Kabupaten Boven Digoel. Yusak menunjuk langsung Alfred Wibowo Korah sebagai penyedia barang. “Serta menentukan harga tanpa melalui proses lelang,” imbuhnya.

Kapal tangker tersebut dibeli seharga Rp6,016 miliar dengan menggunakan dana APBD tahun anggaran 2006. Harga satu kapal Wambo sesungguhnya hanya Rp3,5 miliar.

Selisih pembayara senilai Rp2,5 miliar masuk ke kantong pribadi Yusak. “Sehingga serangkaian perbuatan terdakwa telah menimbulkan kerugian keuangan Pemerintah Kabupaten Boven Digoel sebesar Rp66,77 miliar,” kata Suwarji.

Yusak dijerat dengan dakwaan primer Pasal 2 ayat (1) dan dakwaan subsider Pasal 13 junto Pasal 18 UU Nomor 31/1999 dengan ancaman hukuman maksimal penjara seumur hidup. Pihak Yusak akan mengajukan nota keberatan yang akan dibacakan dalam persidangan pekan depan. (NJ/OL-5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s