Bupati Boven Digoel Didakwa 20 Tahun

Posted on Updated on

Oleh : Taufik Hidayat – Okezone

JAKARTA – Bupati Boven Digoel, Papua, Yusak Yaluwo didakwa menggelapkan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2006 dan 2007 oleh Jaksa Penuntut Umum, KPK.

JPU mengatakan, terdakwa menggunakan dana APBN sejumlah Rp66 miliar untuk membeli pengadaan 1 unit kapal tanker untuk pengangkutan minyak di Boven Digoel pada 2006 dan 2007.

“Terdakwa dalam pengadaan kapal tersebut menunjuk langsung Alfred Wibowo Korah selaku penyedia barang serta menentukan harga tanpa melalui prosess pelelangan,” Kata Swardji di Pengadilan Tipikor, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (5/7/2010).

Pencairan itu, lanjut Suwardji, terdakwa memerintahkan Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Boven Digoel, Robertus Anggawen baik secara langsung maupun via telepon. Dana diambil dari pos mata anggaran Stabilitas Daerah, anggaran Bantuan Sosial, anggaran Operasional Kepala Daerah dan dana Sekretariat Daerah.

Selain itu, terdakwa memerintahkan Robertus Anggawen untuk mencairkan dana dari kas daerah beberapa kali sebesar Rp64 miliar. Dana tersebut dikeluarkan sebnyak 45 kali dalam kurun waktu Januari 2006 hingga November 2007.

“Terdakwa menggunakan APBD tahun 2008 dan 2007 tidak sesuai dengan peruntukan atau tidak sesuai kepentingan kedinasan tetapi digunakan untuk kepentingan pribadi,” tambahnya.

Akibat perbuatan Yusak, Penuntut umum menjerat Yusak dengan dakwaan primair Pasal 2 ayat 1 dan dakwaan subsidair Pasal 13 juncto Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999. Ancaman hukuman pidananya yakni seumur hidup atau hukuman penjara selama 20 tahun.

Terhadap dakwaan yang disangkakan kepadanya, Yusak mengaku tidak paham. Sehingga dirinya akan mengajukan eksepsi pada persidangan pekan depan.(hri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s