Pemda Merauke Targetkan MIFEE Mulai Berjalan Agustus

Posted on Updated on

Oleh : Desa Modern

Jakarta – Pemerintah Daerah Merauke bersama jajaran Pemerintah Pusat sedang menuntaskan pembangunan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE). Kawasan Merauke, ternyata menjadi andalan pengembangan kawasan pangan dan energi terpadu. Bupati Merauke, John Gluba Gebze, mengatakan, hari Rabu 26 Mei 2010 adalah pembahasan final dari seluruh proses. Yakni, penyelesaian grand design potensi ekonomi yang bisa dimanfaatkan dan diperoleh dari program MIFEE itu, proses perizinan di tingkat daerah, serta rencana umum tata ruang daerah.

Setelah semua itu rampung, kata John, barulah akan dilaporkan kepada Presiden, Menteri Koordinator Perekonomian, dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas. “Sehingga pada bulan Agustus nanti sudah bisa berjalan,” kata John usai konferensi Dewan Ketahanan Pangan Nasional, hari Senin 24 Mei 2010.

Dia menjelaskan, Pemda Merauke menyiapkan 1,283 juta ha lahan untuk kebutuhan program MIFEE tersebut. Selain itu, tutur John, sebanyak 37 investor sudah menawarkan untuk terlibat mengembangkan MIFEE.

Kendati begitu, John enggan menyebut nilai investasi yang sudah ditawarkan para investor tersebut. Alasannya, nilai investasi akan ketahuan setelah investor telah mendapatkan lampu hijau untuk terlibat menggarap MIFEE. Namun, menurutnya dia, pemerintah memberi prioritas untuk investor dalam negeri. (han/antan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s