Yusak Yaluwo Janji Akan Ketemu KPK

Posted on Updated on

Oleh : Bodipost

Merauke, Bodipost – Setelah mangkir berkali-kali dari pemanggilam Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bupati Yusak Yaluwo akhirnya menyatakan akan memnuhi panggilan KPK. “Saya siap bertanggungjawab dan memenuhi panggilan atas pengeluaran-pengeluaran keuangan daerah yang diterima kami,” ujar Yusak sebagaimana dilansir Detikcom hari ini, Kamis (1/4).

Kepada Detikcom, Yusak juga mengatakan, “Saya mendukung langkah-langkah pemberantasan korupsi sesuai amanat presiden. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa pengeluaran APBD tidak sesuai dengan ketentuan, maka saya siap mengklarifikasi dan bertanggungjawab”.

Yusak mengatakan, pihaknya telah memberikan klarifikasi terkait ketidakhadirannya dalam pemanggilan pemeriksaan KPK. Ia beralasan masih sibuk dalam proses pendaftaran Pilkada Bupati Boven Digoel, termasuk mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polda Papua sebagai bukti bahwa dirinya boleh mengikuti Pilkada Boven Digoel karena tidak terkait tindakan pidana korupsi.

Yusak ditetapkan sebagai tersangka dalam tindak pidana korupsi dana Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Boven Digoel dan dana Otsus Tahun Anggaran (T.A) 2005 s/d Tahun Anggaran (T.A) 2007 sebesar Rp. 30 Milyar. Ia dipanggil KPK dengan Surat Panggilan Nomor : Spgl/401/23/II/­2010 tanggal 18 Februari 2010 tetapi terus mangkir dan akhirnya kabur meninggalkan Boven Digoel untuk menghindari pemeriksaan KPK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s