Jubir KPK: Belum Ada Tersangka Baru

Posted on

Oleh : Papua Pos

Merauke, Papua Pos –  Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi menegaskan, sampai sekarang, baru satu orang yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan penyalahgunaan dana APBD dan Otonomi Khusus (Otsus) tahun anggaran 2005-2007 yakni Bupati Boven Digoel, YY, SH, M.Si.

Dari pemeriksaan terhadap kurang lebih 20 orang saksi di Polres Merauke selama kurang lebih tiga minggu, belum ada diantara mereka yang ditetapkan sebagai tersangka. “Saya juga belum mendapatkan laporan secara resmi dari Tim KPK yang melakukan pemeriksaan terhadap para pejabat dan bendahara di lingkungan Pemkab Boven Digoel serta beberapa pengusaha,” ungkap Johan yang dikonfirmasi melalui telpon seluler dari Merauke-Jakarta, Selasa (23/3).

Disinggung jika Tim KPK sudah bergerak pulang dari Merauke ke Jakarta, Selasa (23/3) pagi, Johan mengaku, belum mendapatkan laporan secara resmi. “Saya belum tahu jika mereka sudah meninggalkan Merauke dan pulang ke Jakarta. Ya, bisa juga pemeriksaan terhadap para saksi sudah final serta penyitaan terhadap dokumen-dokumen telah dianggap lengkap,” ujarnya.

Johan berjanji untuk memberikan informasi lagi jika Tim KPK sudah tiba kembali di Jakarta. “Untuk sementara, saya belum bisa banyak berkomentar lantaran hasil pemeriksaan dan penyitaan dokumen belum diketahui secara pasti dan jelas. Saya akan khabari juga jika dari kurang lebih 20 saksi yang telah diperiksa, ada yang statusnya ditingkatkan menjadi tersangka,” janji dia.

Menyangkut rumor yang berkembang jika KPK telah mengeluarkan Daftar Pencaarian Orang (DPO) terhadap Bupati Boven Digoel, Johan membantahnya. “Sampai sekarang kita belum mengeluarkan surat DPO. Jika ada informasi yang berkembang demikian, tidak perlu ditanggapi secara serius. Sampai sekarang, KPK hanya mengeluarkan surat pencekalan ke luar negeri terhadap YY,” tegasnya. [frans]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s