Masyarakat Boven Digoel Dukung KPK

Posted on Updated on

Oleh : Papua Pos

Merauke, Papua Pos – Sekelompok masyarakat asli Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel memberikan dukungan moril kepada Tim Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini berada Boven Digoel guna melakukan penyitaan terhadap sejumlah dokumen penting.

Dukungan konkrit yang dilakukan adalah dengan mendatangi tim disalah satu hotel di Tanah Merah dan meminta agar proses hukum terhadap kasus dugaan penyalahgunaan dana APBD dan Otsus tahun anggaran (TA) 2005-2007, harus tetap berjalan terus.

Sementara sebelum sekelompok masyarakat menemui Tim KPK, tiga orang tokoh agama yang datang dan meminta agar proses hukum Bupati Boven Digoel, Yusak Yaluwo, SH, M.Si dihentikan karena bersangkutan tidak bersalah.

“Saya tidak tahu nama dari tiga tokoh agama tersebut, tetapi yang jelas bahwa mereka datang dan meminta agar kasus Bupati Yusak Yaluwo harus dihentikan,” kata sumber Papua Pos melalui telpon seluler, Rabu (17/3).

Semestinya, lanjut sumber tersebut, ketiga tokoh agama tidak harus menyampaikan aspirasi seperti demikian. Mereka harus memberikan dukungan agar korupsi di daerah itu diberantas karena menyangkut dugaan penyalahgunaan keuangan rakyat.

“Saya kira sebagai tokoh masyarakat harus berpihak kepada masyarakat seperti yang telah dilakukan sekelompok orang itu. Bukan kita harus meminta kepada orang KPK agar kasusnyaa dihentikan,” pintanya.

Tokoh Masyarakat (Tomas) dari Muyu-Mandobo, Martinus Torip yang ditemui Papua Pos di Polres Merauke beberapa hari lalu meminta kepada Bupati Yusak Yaluwo agar memberanikan diri mendatangi langsung Tim KPK untuk dimintai keterangan, sehingga semua menjadi lebih transparan. Jika begini terus, bisa menimbulkan berbagai penafsiran miring dari masyarakat luas.

“Sebagai anak putra asli dari Muyo Mandobo, saya berharap agar Pak Yusak langsung datang dan menyampaikan secara transparan tentang pemanfaatan keuangan selama ini. Jika hal tersebut dilakukan, maka tidak akan menimbulkan persoalan berkepanjangan dan dari situ penyidik pun tahu aliran pemanfaatan keuangan . Inilah solusi yang bisa saya tawarkan kepada orang nomor satu di Kabupaten Boven Digoel,” katanya.

Sementara berdasarkan pantauan Papua Pos di Polres Merauke dari pukul 09.00 Wit-14.30 Wit, aktivitas Tim KPK terlihat sepi. Hanya dua orang bendahara saja yang sedang menjalani proses pemeriksaan. Belum ada orang KPK yang memberikan statement terkait hasil pemeriksaan yang sedang dilaksanakan. [frans]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s