Pemeriksaan KPK Berlanjut

Posted on Updated on

Oleh : Papua Pos

Merauke, Papua Pos – Setelah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boven Digoel, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa salah seorang rekanan Pemda atau kontraktor dari Merauke. Pemeriksaan terhadap kontraktor yang belum diketahui identitasnya itu terkait penangaanan pengerjaan sejumlah proyek selama tahun 2005-2007 di Kabupaten Boven Digoel.

Disaksikan Papua Pos di Polres Merauke, Jumat (11/3), hanya satu saksi yang diperiksa yakni kontraktor sedangkan Wakil Bupati Boven Digoel, Marselinus Yomkondo baru akan diperiksa lagi pada hari ini, Sabtu (13/3).

Sementara Kepala Badan Pengawas Daerah (Bawasda) dan empat bendahara lain sudah selesai dimintai keterangan.

“Memang Pak Wakil Bupati Boven Digoel masih akan diperiksa lagi karena masih ada banyak hal yang harus ditanyakan oleh penyidik KPK untuk di-BAP-kan. Sedangkana beberapa saksi lain sudah selesaiu termasuk mantan Ketua Komisi C DPRD serta mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan,” ungkap salah seorang penyidik KPK yang menolak namanya untuk dikorankan.

Saat ditanyakan tentang hasil pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang telah diambil keterangan, penyidik itu mengaku, tidak bisa dibeberkan sekarang karena saksi lain masih harus diperiksa lagi. “Saya minta maaf untuk tidak menyampaikan hasilnya sekarang mengingat proses pemeriksaan sedang berjalan. Lagi pula harus diolah kembali oleh penyidik yang menangani,” ungkapnya.

Menyinggung lagi alasan Wabup Boven Digoel tidak datang lagi saat pemeriksaan di hari kedua, penyidik mengungkapkan, beliau meminta izin karena masih ada urusan yang sangat penting. Tetapi hari ini bersangkutan sudah datang kembali guna diperiksa sebagaimana biasa dalam kapasitas sebagai tersangka. “Ya, kami juga memahami jika Pak Marselinus pasti memiliki banyak tugas juga sehingga bisa diizinkan untuk menyelesaikan,” kata dia.

Sementara informasi lain yang berhasil dihimpun Papua Pos, empat orang lagi pejabat dari Boven Digoel yang sudah dipanggil dan saat ini dalam perjalanan menuju ke Merauke. Mereka akan dimintai keterangan dalam kapasitas sebagai saksi.

“Saya belum tahu siapa saja pejabat yang dipanggil lagi untuk harus memberikan keterangan kepada Tim KPK,” kata sumber Papua Pos yang menolak namanya untuk dikorankan.

Sementara Beredar khabar jika Bupati Boven Digoel, YY, SH, M.Si sudah berangkat dari Tanah Merah menuju Merauke dengan melalui transportasi darat pada Kamis (10/3) sekitar pukul 19.00 Wit. Hanya saja, ketika coba disambangi di kediamannya di Jalan Sasate-Merauke, pintu pagar depan rumah tertutup sehingga sulit untuk bisa dipastikan apakah beliau sudah tiba atau belum.

“Kami belum tahu keberadaan Pak Bupati Boven Digoel sekarang. Apakah beliau sudah di Merauke atau tidak. Saya juga baru tahu dari rekan-rekan wartawan jika dia sudah datang dari Tanah Merah. Ya, kita mengharapkan adanya sikap kooperatif dari YY untuk bisa memenuhi panggilan surat dari KPK,” pinta penyidik tersebut. (frans)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s