Kaum Pendatang Dukung Koruptor Boven Digoel Di Facebook

Posted on Updated on

Oleh : Muineto Mawan

Tanah Merah Digoel, Bodipost – Menyikapi pemberitaan berbagai media massa tentang Korupsi di Boven Digoel dan langkah-langkah nyata Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa Bupati Yusak Yaluwo sebagai tersangka tindak pidana Korupsi dana APBD dan dana Otsus Kabupaten Boven Digoel Papua, kaum pendatang yang menjadi pendukung Yusak Yaluwo meluncurkan sebuah group di Facebook.

Group musuh rakyat Boven Digoel tersebut bernama Yusak Yaluwo Fans Club (YYFC), didirikan oleh seorang Non Papua yang memakai nama Kali Digoel dan Zeth Manti sebagai pengurus group. Saat berita ini ditulis,  anggota group tersebut berjumlah 75 orang dan sebagian besar terdiri dari orang-orang Manado dan Toraja.

Mendukung tindakan Yusak Yaluwo yang terus mangkir dari pemeriksaan KPK, Zeth Manti menulis sebuah pesan dinding di group tersebut. “Maju trus saudaraku, smua halangan pasti bisa teratasi,amin,” tulis Zeth Manti di dinding group tersebut dengan catatan waktu : 08 Maret Jam 1:40.

Group tersebut  mempunyai foto profil yang jelas merupakan lambang Partai Demokrat. Orang-orang Partai Demokrat di Boven Digoel memang menjadi pelopor dalam aksi-aksi rekayasa mendukung Yusak minggu lalu.

“Kaum Pendatang membuat Group di Facebook untuk membela Yusak karena selama ini mereka yang menikmati uang hasil Korupsi,” jelas seorang Mahasiswa Boven Digoel yang baru menjadi anggota Group tersebut.

Bupati Yusak Yaluwo ditetapkan sebagai tersangka dalam tindak pidana korupsi dana Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Boven Digoel dan dana Otsus Tahun Anggaran (T.A) 2005 s/d Tahun Anggaran (T.A) 2007. Ia dipanggil KPK dengan Surat Panggilan Nomor : Spgl/401/23/II/­2010 tanggal 18 Februari 2010.

Karena dua kali dipanggil Tim penyidik KPK dan dua kami mangkir, KPK akan melakukan penjemputan paksa terhadap Bupati Yusak Yaluwo di Boven Digoel.  “KPK sedang menyiapkan beberap regu dari Brimobda Papua untuk melakukan jemput paksa,” jelas seorang Kontak Person KPK kepada Bodipost.

Sebagaimana ditulis Tabloid Jubi Online, sedikitnya sudah 10 pejabat kabupaten itu diperiksa KPK secara bergiliran di Polres Merauke, temasuk Wakil Bupati Boven Digoel, Marselinus Yomkondo dan mantan Ketua Komisi C DPRD Boven Digoel, Jimmy Molle diperiksa, Kamis (11/3) lalu.

Saat ini Bupati Yusak Yaluwo sedang bersembunyi di Tanah Merah Digoel dan menjalankan roda pemerintahan melalui SMS.  Yusak juga sempat menjadikan Base Camp PT Korindo Group di Assikie sebagai tempat persembunyiannya yang aman.

Dari tempat persembunyiannya, ia dikabarkan sedang melobi para penegak hukum (KPK, BPK dan Polisi) via Handphone untuk menenggelamkan kasusnya dengan bayaran yang tidak sedikit. ***

3 thoughts on “Kaum Pendatang Dukung Koruptor Boven Digoel Di Facebook

    wong pemalang said:
    13 Maret, 2010 pukul 5:43 am

    di kotaq pejabatnya pada korup tapi nda ada yg ngusut.ada yg punya solusi?

    magicianis said:
    25 Januari, 2011 pukul 8:21 pm

    Salam…, Tulisannya sangat bagus sekali yang intinya Anti Korupsi di wilayah kita yang tercinta Boven Digoel..

    Maju Boven Digoel ku

    andi said:
    25 Februari, 2011 pukul 11:42 am

    berantas koruptor sampai habis boven digoel biar bersih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s