10 Pejabat sudah dipriksa KPK, Yusak Masih ‘Bandel’

Posted on

Oleh : Tabloid Jubi Online

JUBI – Sudah tiga hari Komisi Pemberantasan Korupsi dan Badan Pemeriksa Keuangan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat pemerintahan di Lingkup Pemkab Boven Digoel yang diduga menyalahgunakan dana otsus dan APBD tahun 2005 – 2007.

Sedikitnya sudah 10 pejabat kabupaten itu diperiksa KPK secara bergiliran di Polres Merauke, temasuk Wakil Bupati Bove Digoel, Marselinus Yomkondo di periksa, Kamis (11/3).

Namun sayangnya, meskipun KPK telah melayangkan surat pemanggilan kedua kepada Bupati Boven Digoel, Yusak Yaluwo,SH, namun hingga kini Yusak  yang ditetapkan KPK sebagai tersangka itu, belum mau memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa.

“Maunya kami memberikan deadline waktu kepada Bupati Yaluwo, namun hingga kini kami masih bersikap kooperatif,” jelas salah satu anggota KPK ketika memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan.

Direncanakan, jika Bupati Boven Digoel tidak memenuhi panggilan KPK, tim tersebut akan langsung turun ke Boven Digoel sehubungan dengan pemeriksaan terhadap Bupati Yaluwo dan pemeriksaan  sejumlah berkas yang dibutuhkan tim KPK dan BPK yang berjumlah 9 orang itu.

Ditanyai kepastian untuk turun ke Boven Digoel, pihaknya belum dapat memastikan. Yang pasti, KPK akan turun ke Boven Digoel setelah kondisi keamanan di wilayah tersebut relatif aman.

Menyikapi aksi-aksi demo pembelaan terhadap Bupati Boven Digoel yang dilakukan sekelompok masyarakat terhadap tudingan dugaan korupsi sejumlah pejabat Boven Digoel, tim KPK menandaskan bahwa pihaknya meragukan aksi-aksi pembelaan tersebut. Pasalnya, aksi demo tersebut nampak dipolitisir untuk melindungi kepentingan Bupati.

“Kami meragukan, karena nampaknya pendemo berasal dari sekelompok masyarakat yang dibayar. Yang kami tahu pasti ada pula masyarakat yang pro dan kontra. Inilah yang akan kami selidiki termasuk kepastian informasi tentang keberadaan Bupati Yusak Yaluwo yang hingga kini belum mau memenuhi panggilan kami,” tandasnya. (Indri)

One thought on “10 Pejabat sudah dipriksa KPK, Yusak Masih ‘Bandel’

    […] sudah 10 pejabat kabupaten itu diperiksa KPK secara bergiliran di Polres Merauke, temasuk Wakil Bupati Boven Digoel, Marselinus Yomkondo dan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s