Ganti Rugi Lahan MIFEE Rp. 8 per Meter

Posted on Updated on

Oleh : Bataviase.Co.Id

PROGRAM besar tidak selalu mengangkat harkat masyarakat. Kondisi itu sepertinya juga akan terjadi pada proyek raksasa Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE), di Papua. Februari lalu, saat peringatan hari ulang tahun Merauke, rencana atas lahan seluas 1,6 juta hektare dipancangkan Bupati John Gluba Gebze. Ia sudah mendapat dukungan dari pemerintah pusat, khususnya Departemen Pertanian.

Namun, persoalan besar dipastikan akan menghadang. Forum Kerja Sama LSM Papua memperingatkan program besar itu berpotensi memarginalkan hak-hak masyarakat asli Papua. Hak untuk berpartisipasi dalam pembangunan di tanah Papua diabaikan, bahkan HAM pun akan dilanggar. “Masyarakat pemilik hak ulayat adat di Merauke akan tersingkir dan tidak akan menikmati hasil program di masa mendatang,” ujar Jago Bukit, anggota Forum, kemarin.

Sejumlah bukti dipaparkan. Yang pertama, dari kesepakatan awal antara masyarakat adat dan investor, sudah terjadi pelanggaran. Semula kedua pihak sepakat lahan pertanian sagu tidak turut serta menjadi areal perkebunan program. Namun, realisasinya investor yang telah membeli tanah masyarakat memberhangus lahan pertanian warga itu.

Akibatnya, kehidupan masyarakat adat di Merauke terancam. Yang lebih parah, hak ganti rugi lahan yang diberikan kepada masyarakat pemilik lahan adat oleh investor sangat memprihatinkan. Investor hanya membayar Rp8 per meter persegi tanah ulayat.

Dalam program ini, sebanyak 36 investor, dari dalam dan luar negeri telah siap menanamkan modalnya. Namun, dari jumlah itu baru 6 investor yang sudah mengantongi izin. Mereka memiliki hak guna usaha selama 60 tahun dan bisa diperpanjang lagi sampai 90 tahun. (FO/N-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s