Mari Kita Selamatkan Boven Digoel Untuk Anak-Cucu Kita!

Posted on Updated on

Selamatkan Boven Digoel! Edisi 01

Download Versi PDF

BOVEN DIGOEL adalah nama yang indah. Daerahnya pun indah karena diselimuti hutan perawan, sungai yang berliku-liku, rawa-rawa yang terbentang luas dengan panorama yang indah. Namun, Kabupaten pecahan dari Merauke itu menyimpan segudang masalah yang kronis dan membutuhkan kerja ekstra dari semua pihak untuk menyelesaikannya. Ada korupsi yang merajalela dan pelakunya bebas berkeliaran tanpa tersentuh hukum. Terjadi penghancuran suku-suku asli yang tanahnya mulai dikuasai oleh kaum pendatang dengan dukungan Pemkab setempat. Terjadi penyangkalan terbuka terhadap hak-hak hidup suku-suku asli. Ada pecah-belah suku-suku asli oleh pejabat Pemkab setempat.

Ada pembodohan massal, penyesatan massal, tipu daya berkedok “kasih” oleh pejabatnya yang mencintai kematian karena selalu prihatin dengan orang-orang mati tetapi lupa memperhatikan mereka yang masih hidup. Ada perampokan hutan dan peminggiran pemilik ulayat secara besar-besaran atas kerjasama Pemkab setempat dan PT Korindo Group. Terjadi intimidasi terhadap Mahasiswa, pengecilan nyali mereka dan pembunuhan karakter serta nalar kritis mereka secara sistematis.

Intimidasi dan ancaman pembunuhan bisa dialamatkan kepada siapa saja yang mengkritisi kondisi nyata kehidupan orang Boven Digoel. Rakyat, Staf Pemerintah, Mahasiswa, Kaum Intelektual, semuanya dibuat bungkam dengan ancaman. Tidak ada satu pun yang berani melawan kebijakan-kebijakan anti rakyat yang menjadi warna pelayanan publik di Boven Digoel. Media Massa hanya bisa menyaksikan kondisi ini dan berlomba-lomba mencari makan dengan menulis dan mempropagandakan pembangunan Boven Digoel sebagai sesuatu yang sukses.

Beberapa komponen rakyat sempat melakukan perlawanan. Mereka terdiri dari para Politisi, Tokoh Masyarakat, Intelektual dan Mahasiswa. Aliansi Peduli Demokrasi Kabupaten Boven Digoel dan Koalisi Rakyat Untuk Perubahan dan Transparansi atau KORUPSI adalah dua kelompok yang mencoba melihat persoalan Boven Digoel dan mengkritisinya dengan aksi-aksi nyata melalui perjuangan di jalur hukum dan politik maupun pengerahan massa untuk melakukan protes terbuka. Tetapi sayang. Aksi-aksi mereka tidak mendapat dukungan luas karena mentalitas budak dan takut melawan yang secara nyata menjadi semacam penyakit keturunan orang-orang Papua Selatan.

Menjadi tanggungjawab kita orang Boven Digoel untuk melihat masalah ini secara kritis. Kita perlu memperkuat organisasi-orgnasisasi yang ada, mendiskusikan berbagai persoalan yang terjadi dan mencoba mencari jalan keluar untuk memecahkan persoalan tersebut. Tentu saja kita perlu bantuan orang lain. Untuk itu, ratusan rekan-rekan kita dari berbagai daerah di Indonesia sudah bergabung dengan Group Selamatkan Rakyat Boven Digoel! di Facebook. Melalui media ini, orang lain bisa mengetahui persoalan kita dan kita bisa melakukan sharing secara terbuka untuk memecahkan persoalan kita. Keanggotaan Group ini jelas akan terus bertambah dari hari ke hari mengingat jumlah para Facebookers yang terus bertambah.

Ada wadah lain yang menghimpun informasi kejahatan Pemkab Boven Digoel yaitu sebuah Blogsite sederhana yang numpang menggunakan jasa Perusahaan Blog Gratis WordPress. Blog itu bernama The Boven Digoel Post dengan alamat https://thebodipost.wordpress.com/. Melalui jasa Google Inc. (sebuah perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat) yang sudah mengindeks konten Blog tersebut, kita akan dengan mudah memperoleh informasi tentang Boven Digoel apabila melakukan Searching atau Browsing di internet menggunakan jasa Tanta Google. Hal ini bisa terjadi karena mesin pencari Google sangat akrab dengan Content Management System (CMS) yang bernama WordPress. Dari statistik pengunjung Blog tersebut, kita bisa mengetahui bahwa sudah ribuan pembaca yang berhasil singgah untuk membaca apa yang terjadi di Boven Digoel.

Menjadi tugas kita semua untuk melakukan kampanye persoalan Boven Digoel dengan cara : (1) memanfaatkan teknologi internet yang berkembang saat ini dengan mengundang orang lain untuk bergabung dengan Group Selamatkan Rakyat Boven Digoel! di Facebook; (2) menyebarluaskan tulisan-tulisan Blog The Boven Digoel Post atau Selebaran yang sedang anda baca ini melalui internet atau Copy-an ke kalangan publik; (3) memperkuat organisasi rakyat dan kelompok-kelompok perlawanan yang sudah ada untuk berdiskusi menyatukan pemahaman dan tekad bersama dalam berhadapan dengan sistem busuk yang dibangun Bupati Yusak Yaluwo dan para sekutunya di Boven Digoel; (4) mengikuti dan mengawal setiap kasus hukum yang berkaitan dengan Korupsi di Boven Digoel; (5) hindari saling curiga, pemikiran dangkal bersifat sukuisme dan pembusukan internal yang hanya akan melemahkan kita dan menghabiskan energi untuk baku-hantam sendiri sementara para musuh rakyat Boven Digoel tetap lolos dan berkeliaran dengan leluasa. Sudah saatnya kita berpikir dan bertindak untuk menyelamatkan Boven Digoel demi kehidupan kita sekarang dan anak-cucu kita di kemudian hari!***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s