Bupati Yusak Yaluwo Dipanggil KPK

Posted on Updated on

Oleh : Muineto Mawan

Tanah Merah Digoel, Bodipost – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta telah melayangkan Surat Panggilan Nomor : Spgl/401/23/II/­2010 tanggal 18 Februari 2010 kepada Bupati Kab. Boven Digoel Papua, Yusak Yaluwo terkait tindak pidana Korupsi dana Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Boven Digoel dan dana Otsus Tahun Anggaran (T.A) 2005 s/d Tahun Anggaran (T.A) 2007.

Surat Panggilan KPK ini ditandatangani Direktur Penyidikan, Suedi Husein selaku penyidik atas nama pemimpin KPK. Informasi yang diperoleh media ini, bahwa KPK telah meningkatkan status penyelidikan kasus Korupsi dana APBD Boven Digoel dan Otsus itu menjadi penyidikan.

Dalam Surat Panggilan tersebut, Yusak diminta untuk menghadap penyidik KPK Mulya Hakim Solichin dan TIM di Kantor KPK Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C-1 Kuningan – Jakarta Selatan pada hari Rabu tanggal 24 Februari 2010, pukul 10.00 WIB.

Bupati termuda di Indonesia yang juga Ketua DPC Parta Demokrat Kab Boven Digoel dan pernah menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah Pemenangan pasangan SBY-Boediono Provinsi Papua dalam Pilpres 2009 ini dipanggil untuk didengar keterangannya sebagai tersangka dalam perkara tindak pidana Korupsi terkait penyalahgunaan dana APBD dan dana Otsus Pemkab Boven Digoel Provinsi Papua T.A 2005 s/d T.A 2007.

Menurut Surat Panggilan ini, Yusak akan diperiksa sebagai tersangka dalam tindak pidana Korupsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (1) atau pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambahkan dengan Undang-Undang RI nomor 21 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sedikitnya Rp. 130 Milyar uang rakyat Boven Digoel berhasil dirampok oleh Bupati Yusak Yaluwo dan kaki tangannya melalui berbagai proyek fiktif, pemahalan harga kontrak, rekayasa biaya studi banding, penjalanan dinas dan program turun kampung.

Kasus Korupsi dana APBD dan dana Otsus ini pernah bergulir di Polda dan Kejati Papua pada tahun 2008 lalu. Tetapi kasus yang telah menjadi pemberitaan berbagai media massa lokal dan nasional itu hilang secara tiba-tiba karena aparat penegak hukum di kedua institusi ini menerima suap dari Bupati Yusak Yaluwo.***

One thought on “Bupati Yusak Yaluwo Dipanggil KPK

    Bupati Yusak Yaluwo Dipanggil KPK « ..::Maro-Net::.. said:
    6 Maret, 2010 pukul 7:30 am

    […] tinggalkan komentar » Oleh : Muineto Mawan – The Boven Digoel Post […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s