Merauke Potensial Untuk MIFEE

Posted on Updated on

JUBI – Merauke potensial untuk pelaksanaan program MIFEE (Merauke Integrated Food and Energy Estate). Hal tersebut terungkap dalam kunjungan tiga hari Deputi Kementrian Bidang Ekonomi di wilayah ini. Kunjungan dilakukan di distrik Tanah Miring, Kurik dan Distrik Malind.
“Lahan di Kabupaten Merauke tidak perlu terlalu banyak menggunakan teknologi tinggi untuk mencetak sawah,” kata Asisten Deputi Menteri Perekonomian Urusan Kelembagaan, Pembiayaan Pertanian dan kelautan, Wiwik Dwi Saksiwi, Jumat (11/12).
Dia mengatakan, Merauke sangat potensial dengan lahan yang begitu luas dan tidak begitu banyak kendala yang akan dihadapi dalam pelaksanaan program MIFEE.
Menurutnya, sudah sewajarnya pemerintah mendorong dengan sepenuh hati untuk memberikan pembiayaan dalam membuka lahan dan melakukan usaha-usaha food estate. Namun disatu sisi, perlu pula ada jaminan kepastian hukum untuk investor-investor yang akan masuk.  Peluang Merauke ke depan, kata Saksiwi sangat bagus dan terbuka luas bagi investor.

Asisten II Setda Kabupaten Merauke, Gatot Marsigit mengatakan yang menjadi kendala dalam perogram MIFEE adalah masalah air bersih, hak ulayat dan kelembagaan yang sangat membutuhkan support. “Perlu pula ada kesiapan dari masyarakat dan daerah,” ujarnya. (Indri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s