Mahasiswa Desak Usut Tuntas Dugaan Korupsi Bupati Boven Digoel

Posted on Updated on

Oleh : Jerry Omona

Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya Forum Peduli Boven Digoel berunjuk rasa di depan Rektorat Universitas Cenderawasih (Uncen) di Jayapura, Jumat (6/11). Unjuk rasa dilatari dugaan korupsi Bupati Boven Digoel, Yusak Yaluwo sebesar 130 miliar.

Mahasiswa menilai Bupati Yusak Yaluwo selama pemerintahannya telah meraup duit dari sejumlah sektor untuk kepentingannya. Dana itu ada yang diberikan kembali kepada warga dalam bentuk bantuan sosial.

Dalam aksinya, mahasiswa juga mendesak agar penerimaan PNS tahun 2009 di Boven Digoel diprioritaskan bagi orang pribumi. Mereka menilai dengan semakin banyaknya pendatang di wilayah ini, penerimaan PNS kerap tidak lagi memperhitungkan warga asli sebagai pemilik tanah.

“Ini harus dilihat dengan jelas, Kasus korupsi dan masalah lain di Boven Digoel semakin banyak, perlu diusut tuntas,” kata Soleman Sanop, seorang pengunjuk rasa.

Disela-sela unjuk rasa, mahasiswa membagi selebaran meminta dukungan warga. Ribuan selebaran antara lain berisikan desakan agar orang pendatang dilarang masuk ke Boven Digoel. Pengunjuk rasa berpendapat, pendatang telah membuat putera daerah tersingkir dari birokrasi. Pendatang menduduki jabatan-jabatan strategis dalam pemerintahan tanpa memperdulikan keberpihakan, perlindungan dan pemberdayaan terhadap orang asli. “Ini tidak sesuai dengan makna dari undang-undang Otsus.”

Mahasiswa menuding pemerintah lebih pro terhadap pendatang. Pemerintah dianggap pilih kasih misalnya dengan menempatkan R. A. H. Kalalo sebagai Kepala Bapeda Boven Digoel padahal disaat yang sama menjabat sebagai dosen di Uncen.

Pendatang juga telah merampok habis hutan dan tanah mereka. Sementara pejabat lebih sering menghamburkan uang rakyat tanpa mau peduli dengan nasibnya yang sengsara.

Pengunjuk rasa diterima Rektor Uncen Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA. Dalam aspirasinya, mahasiswa mendesak pihak akademik Uncen merespon kasus korupsi dan sejumlah masalah di Boven Digoel.

One thought on “Mahasiswa Desak Usut Tuntas Dugaan Korupsi Bupati Boven Digoel

    kamayap said:
    20 Februari, 2010 pukul 9:51 am

    Polda Papua dan pihak KPK serta Kejaksaan tinggi Papua jgn pura-pura memperpanjang dan menutupi kasus-kasus korupsi di Boven Digoel yang sebenar-benar terjadi ini. Mohon kepada pihak yang berwajib agar bertindak secara hukum yang berlaku di Indonesia, jangan ada Mafia Hukum di Papua…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s