Tadi, Yusak Yaluwo Batalkan Pleno Hasil Pemilu Di Hotel Relat

Posted on Updated on

Oleh : Lanu Maro

Jayapura, WPToday – Pleno KPU Provinsi Papua untuk menetapkan hasil Pemilu Legislatif Kabupaten Boven Digoel yang sedianya digelar pada hari in, Jumat (01/05) di Hotel Relat, Argapura Bawah, Jayapura, secara mendadak dibatalkan oleh Bupati Yusak Yaluwo karena kecurangan dan berbagai pelanggaran serius yang ia lakukan atas perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka memenangkan Partai Demokrat di Boven Digoel telah tercium oleh publik.

Yaluwo dikabarkan telah mengatur rencana untuk membayar KPU Provinsi Papua agar melaksanakan Pleno di sebuah tempat rahasia yang akan dikawal ketat oleh Polisi. Pleno rahasia direncanakan akan dilaksanakan Sabtu (02/05) besok di sebuah tempat yang belum jelas.

Sekedar diketahui, Pleno tadi dibatalkan secara mendadak karena beredar kabar bahwa Pleno akan dibatalkan berdasarkan pengaduan dari Koalisi Lintas Parpol yang secara detail telah “merekam” kejahatan Yusak Yaluwo sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Boven Digoel dalam Pemilu kali ini.

Berita Acara Perhitungan Suara Pleno Kabupaten Boven Digoel Model DB-1 memang belum ditandatangani oleh 36 Saksi Partai Politik. Hal ini terjadi karena para saksi menganggap Pemilu 2009 sebagai sebuah proses yang dijalankan secara kotor, penuh dengan manipulasi data pemilih, penggelembungan surat suara dan bagi-bagi uang secara terbuka oleh Bupati Yusak Yaluwo saat melakukan kegiatan Turkam menjelang Pemilu tanggal 9 April 2009 lalu.

Karena Berita Acara tidak ditandatangani oleh para Saksi Parpol, hasil perhitungan suara yang curang itu kemudian dibawa kabur ke Jayapura oleh Kristianus Guam (Ketua KPUD) dan Viodorus Silubun (Sekretaris KPUD) menghadap KPU Provinsi Papua pada tanggal 23 April 2009 lalu.

Untuk mempercepat proses penipuan ini, Bupati Yusak Yaluwo sedang menyiapkan ratusan saksi palsu lengkap dengan 36 Stempel Parpol peserta Pemilu 2009 di Boven Digoel. Para Saksi ini akan dipakai untuk mewakili saksi Parpol di Boven Digoel untuk menandatangani Berita Acara agar Partai Demokrat berhasil keluar sebagai pemenang Pemilu di Kabupaten Boven Digoel.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s