Front Pepera PB Tolak PP No. 77

Posted on Updated on

Front Pepera PB

Jogyakarta, FrontPeperaPB – Puluhan Masyarakat dan Mahasiswa Papua di Jogyakarta yang bergabung dalam Front Persatuan Perjuangan Rakyat Papua Barat (Front Pepera-PB) melakukan aksi massa, Senin (31/03) kemarin. Mereka menolak Peraturan Pemerintah No. 77 Tentang Pelarangan Pemakaian Atribut Papua Barat.

Aksi dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan long march dari Stasiun Kereta Tugu (Abu Bakar Ali) dan berakhir di Kantor Post DIY. Massa Front Pepera PB itu menolak segala bentuk peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah yang mana salah satunya adalah Peraturan Pemerintah No 77 Tentang pelarangan Pemakaian atribut Papua Barat. Menurut mereka, PP No. 77 sudah membunuh harapan orang Papua akan kebebasan untuk berekspresi dan menyampaikan pendapat di muka umum.

Mereka dengan tegas mengutuk perlakuan pemerintah, terutama aparat Kepolisian yang dengan sewenang-wenang melakukan sweeping barang-barang seperti atribut bercorak bintang kejora, gambar-gambar tentang Papua dan berbagai atribut lainnya.

Kehadiran PP Nomor 77 ternyata membuat resah masyarakat Papua, terutama mereka yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan gelang, kalung dan tas bercorak bendera bintang kejora. Perhiasan tersebut ternyata diminati semua orang, baik Papua dan Non Papua. Ketertarikan ini bukan karena atribut tersebut bernilai politis, tetapi lebih pada seni dan keindahannya.

“PP Nomor 77 hanyalah trik bisnis untuk menyelamatkan pabrik pembuat tas di pulau Jawa dan pasaran tas di Papua yang omzetnya menurun ketika hampir semua orang di Papua memilih memakai tas bercorak bendera bintang kejora,” tandas seorang peserta Aksi.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s