Balasan Dari Emma Delaney Kepada Pdt. Yoman

Posted on Updated on

19 Oktober 2005

Bapak Pendeta Yoman Yth.,

Terima kasih atas surat Bapak tertanggal 30 Juli, yang dialamatkan kepada Lord Browne perihal investasi BP di Indonesia – khususnya proyek Tangguh di Papua. Saya menjawab surat Bapak atas nama Lord Browne, dalam jabatannya saya sebagai Vice President Program Sosial Terpadu Tangguh. Saya menghargai usaha yang telah Bapak lakukan untuk mengadakan komunikasi dengan BP dan saya menyadari Bapak telah melakukan komunikasi dengan beberapa orang dari staf kami di Papua.

Proyek Tangguh dirancang untuk memenuhi tuntutan akan energi yang semakin meningkat di wilayah Asia Pasifik dengan gas yang ramah lingkungan, yang kami yakini akan memberikan manfaat bagi Indonesia dan Papua. Proyek Tangguh berkeinginan untuk mencapai tujuan tersebut secara bertanggung jawab dengan memperhatikan dampak lingkungan dan sosial ke dalam merancang dan mengimplementasikan proyek ini.

Melalui suatu Penilaian Lingkungan dan Sosial yang komprehensif, proyek telah melakukan penilaian atas potensi dampak sosial, ekonomi dan lingkungannya dengan mengundang pendapat dari sebagian besar stakeholder, khususnya dari masyarakat yang tinggal di desadesa sekitar proyek. Menjawab temuan-temuan yang ada, Proyek Tangguh telah mengembangkan suatu program sosial terpadu yang luas yang dirancang untuk memitigasi dampak-dampak yang negatif – serta memberikan kontribusi terhadap perkembangan positif yang ada di wilayah tersebut. Kami telah memberi perhatian khusus terhadap pengembangan sosial serta penyediaan kesempatan kerja bagi masyarakat di daerah operasi kami dan selalu menyambut baik dialog konstruktif mengenai kegiatan-kegiatan tersebut.

Dalam mengimplementasikan program-program sosial tersebut, Proyek Tangguh bekerja sama dengan beberapa stakeholders, termasuk organisasi-organisasi yang bergerak di bidang lingkungan, sosial maupun di bidang hak azazi manusia.

Sebagaima Bapak telah ketahui, BP memperoleh usulan dari sebuah Panel independen tentang aspek-aspek sosial, politis dan aspek-aspek lingkungan dari Proyek Tangguh dan melaporkannyakepada John Browne, BP Chief Executive mengenai perkembangan Proyek. Bapak Pendeta Herman Saud, Ketua Gereja Kristen Evangelis di Papua, merupakan salah satu anggota panel independen tersebut.

Keterangan tambahan tentang Proyek Tangguh, termasuk laporan-Iaporan dari panel TIAP, tersedia di Website  kami.

Selanjutnya, kami menyelenggarakan pertemuanpertemuan rutin dengan para organisasi yang menaruh minat yang besar terhadap Tangguh, dan kami akan memastikan agar Bapak diundang untuk menghadiri pertemuan berikutnya yang akan diselenggarakan di Papua dalam waktu dekat.

Terima kasih atas perhatian Bapak Pendeta.

Hormat kami,

Emma Delaney

Vice President, Integrated Social Program Tangguh Project

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s