Otsus Lahirkan Orang Kaya Baru (OKB)

Posted on Updated on

Pemberlakuan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua bukan saja dinikmati masyarakat, namun yang lebih merasakan adalah para aparatur pemerintahan. Bahkan anggota DPRD Prov Papua Barat, Dance Bleskadit SPd menyindir, Otsus melahirkan orang-orang kaya baru. “Dampak dari UU Otsus sungguh luar biasa dasyatnya. Kehadiran Otsus, melahirkan OKb-OKb alias orang-orang kaya baru,” ujar Dance menyindir.

Padahal menurut politisi Partai Golkar yang mantan wartawan ini, latar belakang dari kelahiran UU Nomor 21 Tahun 2001 adalah karena darah dan air mata rakyat kecil yang setiap hari mendambakan kesejahteraan, kedamaian dan kehidupan layak, berobat dan sekolah gratis. Namun kenyataanya, UU Otsus lebih banyak berpihak pada pejabat ataupun kalangan birokrat.

Ia berani menyampaikan hal ini karena berdasarkan pengamatannya selama ini di masyarakat. Di beberapa daerah, pegawai yang baru diangkat menjadi pejabat sudah memiliki rumah mewah dan kendaraan roda empat, bahkan lebih dari satu. “Bangun rumah-rumah yang besar dan punya kendaraan lebih dari satu.Itu dari mana dapatkan uang. Karena bila menghitung gaji, hanya seberapa. Patut dipertanyakan, sangat aneh membeli mobil dan membuat rumah mewah dalam waktu singkat dengan gaji,” paparnya lagi.

Kondisi ini sangat bertolak belakang dengan keadaan masyarakat, terutama di daerah pedalaman. Disaat banyak pejabat hidup dengan kemewahaan dana Otsus, masih banyak warga miskin yang hidup prihatin. “Masing-masing pejabat tonjolkan dia punya kekayaan. Ada pejabat yang punya mobil 5, yang 3 parkir di rumah, mungkin yang 2 parkir di hotel. Itu data yang luar biasa,” tukas Dance (LM).

Suber :Cepos Oct,2007-8:35:19 PM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s