Pesan Pangdam Pada Penerimaan Satgas Yonif 320 Badak Putih

Posted on Updated on

Jangan Takut dan Ragu-Ragu Dalam Bertindak!

MERAUKE [Cepos] – Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Haryadi Soetanto dengan tegas minta Satgas Yonif 320 Badak Putih dan jajarannya untuk tidak ragu-ragu dalam bertindak apabila ada bagian kelompok-kelompok yang ingin mengacaukan situasi dan menghalangi tugas Negara.

Juga untuk tidak takut pada hukum dan HAM karena HAM bukan untuk ditakuti tapi untuk ditaati. Penegasan tersebut disampaikan Pangdam Mayjen TNI Haryadi Soetanto pada upacara penerimaan secara resmi Satgas Yonif 320 Badak Putih, berlangsung di Lapangan Kompi A Batalyon 755 Yalet, Jumat (14/12) siang, kemarin.

Menurut Pangdam, di wilayah Papua masih ada sebagian kecil kelompok-kelompok masyarakat yang ingin memimpikan lahirnya Negara baru dengan berusaha memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. ‘’Sebagai satuan yang mengemban tugas haruslah selalu siap setiap saat untuk digerakan dalam menjaga kedaulatan Negara ini dari gangguan yang mengancam intregrasi bagsa,’’ tandasnya.

Ancaman disintegrasi bangsa baik baik yang faktual maupun yang potensial, lanjut Pangdam harus disikapi dengan serius. Karena Berbagai dalih dan permasalahan yang menjadi embrio tumbuh kembangnya wacana untuk melepaskan diri dari NKRI sudah gencar disuarakan.

Sementara ditinjau dari factor keamanan, hal itu terjadi karena satuan TNI AD yang ada di wilayah Papua sangat minim sehingga belum tercipta efek tangkal yang kuat.

Masalah perbatasan khususnya perbatasan darat, ungkap Pangdam, menjadi issu yang mengemuka saat ini baik dilingkungan TNI AD sendiri, pemerintah maupun kalagan DPR. Hal itu karena tidak sedikit bahkan triliunan rupiah kekayaan Negara dicuri lewat perbatasan yang tidak dapat dicegah akibat jarak pos pengawas yang satu dengan lainnya sangat jauh disamping personil yang ada masih kurang.

Penerimaan Satgas Yonif 320 Badak Putih asal Jawa Barat, selain dihadiri Bupati Merauke Drs Johanes Guba Gebze, muspida, Komandan Satuan, juga tokoh-tokoh masyarakat dan jajaran pejabat teras dilingkungan Korem 174 ATW. Seusai penerimaan dilanjutkan dengan pembekalan oleh Pangdam XVII Cenderawasih.

Untuk diketahui, Satgas Yonif 320 Badak Putih dengan jumlah personil 320 prajurit itu akan menggantikan Satgas Yonif 312 Kala Hitam yang telah bertugas selama 1 tahun menjaga perbatasan di sekitar wilayah Kabupaten Merauke. Sebelumnya Satgas 303 Kostrad/Setia Sampai Mati telah menggantikan Satgas Yonif 143 Tri Dwi Eka Jaya yang bertugas di menjaga perbatasan di wilayah Kabupaten Boven Digoel.
_______________________________________

Sumber: SKH Cenderawasih Pos 15 Desember 2007 04:56:21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s